Selasa, 15 Mei 2012

Cara Mengatasi Rasa malu

Assalamuallaikum.
saya akan membeberkan bagaimana caranya untuk mengatasi malu yang hinggak pada diri kita,setelah saya share tentang" landasan persahabatan ".
malam hari ini saya akan mencoba untuk berbagi kembali bagaimana caranya untuk mengatasi rasa malu tersebut.

Kalau kamu sering menghindari situasi sosial,atau kalau tangki bahan bakar untuk kepercayaan dirimu semakin menipis,kamu perlu berusaha keras.Suara batinmu yang pemalu akan selalu membujukmu untuk nggak melakukan apa-apa,tapi nggak melakukan apa-apa berarti nggak mengubah apa-apa,dan rasa malu terus saja mengendalikan dirimu.Makanya,hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meyakinkan diri untuk berubah,untuk melakukan sesuatu terhadap rasa malumu,ini butuh waktu ,tapi kamu bisa kok melakukannya.


Keberanian adalah rasa
takut untuk mati
namun,ia mengatasi segalaanya 
                                                                             john wayne


malu-malu Berikut ini adalah sejumlah kiat yang dapat membantu sobat sobat mengatasi rasa malu:
1.Maapkan dirimu,dan mulailah menyukainya sekali lagi.ini langkah pertama.Nggak satu pun kiat lainnya akan berhasil kalau sobat nggak  berhenti mengecam dirimu atas kegagalan masa lalu.Itu sudah lewat,selesai,the end.Kalau sobat bisa belajar dari kegagalan itu,baguslah .Tetapi jangan terus menerus menyalahkan diri.Katakan pada dirimu, " Aku akan memperbaikinya.Aku akan berhasil.

2.Mainkan permainan H-O-R-S-E dengan rasa malumu.Kalu kamu nggak terbiasa  ide ini.Mari saya jelaskan: Dalam permainan bola basket,dua pemain sering memainkan ini.Satu orang melakukan lemparan;kalau lemparan itu masuk,lawannya berusaha melakukan lemparan serupa.Kalau si pemain ini ga berhasil,dia mendapatkan satu huruf dari kata "HORSE". Misalnya,kali pertama salah satu pemain ga berhasil melakukan lemparan sperti lawannya,dia mendapat hurup "H",kegagalan berikutnya "O",dan seterusnya.
Mereka terus bermain sampai salah satu pemain gagal lima kali ( mendapat H-O-R-S-E ).Pemain itu kalah.
(tentu saja kamu bisa mengganti kata HORSE dengan kata apa saja yang kamu sukai atau kamu anggap lucu,misalnya :BEBEK atau KODOK atau DOMBA atau apalah ,terserh kamu)
                 Untuk permainan kamu,buatlah daftar situasi atau orang yang kamu hindari di hari lalu.Beri judul " Saat Rasa Malu Menang ".
AduH cape juga ya nulis.
ok sobat sampai di sini dulu ya tulisan yang saya tulis ulang dari sumber salah satu buku yag ada di rumah.lain waktu kita sambung lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar