Selasa, 21 Mei 2013

5 Danau Indah Namun Sangat Berbahaya

Pemandangan indah dari danau-danau ciptaan Tuhan memang luar biasa. Namun, 5 danau ini ternyata menyimpan beragam misteri kematian di dalamnya. Banyak orang yang nekat melewatinya terpaksa jadi korban. Berikut 5 Danau Indah Namun Sangat Berbahaya.


1. Boiling Lake

Boiling Lake (Danau Mendidih) di Dominica sebenarnya adalah fumarole (retakan yang mengeluarkan gas dari lava cair dalam tanah) yang diatasnya ditutupi oleh air dengan suhu yang sangat panas. Dengan air danau bersuhu 82 hingga 91,5 derajat Celcius, seseorang bisa terbunuh bila masuk ke dalam air tersebut.


2. Lake Monoun

Danau yang satu ini sudah terbukti dapat membunuh seseorang. Pada tahun 1984 silam, Lake Monoun yang terletak di Kamerun ini mengeluarkan gas karbon dioksida yang berbahaya dan membunuh 37 orang. Beberapa waktu setelah itu, sebuah truk yang membawa 12 orang melewati danau tersebut saat tiba-tiba mesin berhenti. Beberapa orang yang keluar dari truk untuk mengecek kondisi mobil akhirnya meninggal dunia. Hanya 2 orang yang bisa selamat dari kejadian ini.


3. Karachay Lake

Pasca digunakan sebagai lokasi pembuangan limbah radioaktif selama berpuluh-puluh tahun, danau Karachay di Rusia bagian barat menjadi salah satu tempat paling berpolusi di dunia. Dengan berada di dekat danau tersebut selama 5 menit saja, Anda bisa 'mendapat' dosis radioaktif yang mematikan. 1 jam berada di sana mungkin bisa membunuh Anda beberapa jam kemudian.


4. Lake kivu, Rwanda

Tampak damai dan tenang, itulah sekilas ketika melihat danau Kivu di Rwanda. Namun ini ternyata merupakan salah satu danau yang bisa meledakkan gas berbahaya. Danau ini disebut mematikan karena di dalamnya terkandung lapisan-lapisan karbon dioksida dan metan. Jika aktivitas vulkanik memicu ledakan, maka bencana besar mengancam sekitar 2 juta otang yang tinggal di sekitarnya.


5. Lake Nyos, Cameroon

Pada tahun 1986, Lake Monoun meledakkan erupsi limnic yang dipicu oleh gempa. Saat itu tiba-tiba awan besar karbon dioksida terbentuk dan membunuh ribuan manusia dan hewan di kota dan desa sekitarnya. Hingga kini, danau ini masih dilabeli berbahaya karena pembatas alaminya yang lemah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar