Jumat, 17 Mei 2013

5 Gugusan Pulau Unik di Lihat dari Angkasa

Kepulauan adalah bagian dimana kita menginjakkan kaki kita di Bumi. Ternyata, ada beberapa pulau di dunia yang indah bentuknya ketika di lakukan penglihatan oleh satelit dari luar angkasa. Berikut informasinya.


1. Galapagos Islands, Samudera Pasifik

Kepulauan Galápagos atau Galapagos saja adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 13 pulau-pulau berapi dan bebatuan yang terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan. Secara politis, Galapagos merupakan bagian dari Ekuador. Pulau tertuanya berusia sekitar 4 juta tahun dan yang termuda masih sedang dalam proses pembentukan. Galapagos memang merupakan salah satu daerah gunung berapi yang paling aktif di dunia.

Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar dan penelitian yang dilakukan Charles Darwin yang membawanya menemukan teori seleksi alam.
image: NASA


2. Maladewa, Samudera Hindia

Maladewa terdiri dari 1.192 pulau-pulau karang kecil menambahkan hingga hanya 115 mil persegi wilayah. Sekitar 330.000 orang tinggal di pulau-pulau, ketinggian rata-rata yang sedikit lebih dari 3 meter. Ini mungkin adalah negara terendah di dunia. Gambar ini dari Utara dan Selatan atol Malosmadulu diambil pada 2002 oleh kapal instrumen ASTER Terra NASA satelit.
image: NASA


3. Alejandro Selkirk Island, Samudra Pasifik Selatan

Alejandro Selkirk Island, sebelumnya dikenal sebagai Más Afuera (Lebih jauh Jauh) dan berganti nama setelah Alexander Selkirk, adalah pulau terbesar kedua dan paling barat dari Juan Fernández Kepulauan Nusantara Daerah Valparaíso Chile. Itu terletak 145 km (90 mil) barat Pulau Robinson Crusoe di tenggara Samudera Pasifik. Gambar ini diambil oleh Landsat 7 satelit pada tahun 1999.
image: NASA


4. Pulau milenium, Republik Kiribati, Samudra Pasifik Selatan

Juga dikenal sebagai Pulau Caroline, Millenium Island adalah pulau yang terbuat dari terumbu karang yang tumbuh di sekitar gunung berapi, yang sekarang di bawah air, meninggalkan laguna pusat. Ketinggian maksimum pulau kurang dari 20 meter di atas permukaan laut. Di masa lalu, pulau ini telah didiami dan ditambang untuk guano, meskipun saat ini tidak ada orang dan itu adalah di antara dunia yang paling murni pulau tropis. Gambar ini diambil oleh kapal astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional pada tanggal 1 Juli 2009.
image: NASA


5. Kepulauan Hawaii, Samudera Pasifik

Kepulauan Hawaii dibentuk oleh plume upwelling bahan mantel panas, yang disebut hotspot. Seperti piring Pasifik bergerak di atas hotspot, itu membentuk rantai kepulauan pertama itu tumbuh besar saat mereka secara aktif meletus, dan kemudian perlahan-lahan terkikis dan tenggelam di bawah permukaan laut sebagai kerak bumi dan kerak itu di dasar mereka didinginkan.

ini, area hotspot menyebabkan vulkanik aktif di Big Island Hawaii. Kilauea Volcano telah meletus terus menerus sejak tahun 1983. Sisa dari pulau-pulau, yang semakin tua dari kanan ke kiri, adalah Maui, Kahoolawe, Lanai, Molokai, Oahu, Kauai dan Niihau. Gambar ini diambil oleh instrumen MODIS aboard Terra NASA satelit.
image: NASA


sumber beberapa keterangan : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar