Rabu, 15 Mei 2013

Tips Merawat Kelinci bagi Pemula


Bagi para pemula dalam urusan merawat kelinci, bisa di simak artikel ini sampai selesai. Sebenarnya merawat kelinci terbilang susah-susah gampang. Asal kamu perhatikan betul ke-4 pokok di bawah ini, saya yakin pasti kelinci peliharaan mu akan tetap terjaga.


  • Makanan
Banyak yang mengira memberi makanan kelinci dengan sayur yang masih segar itu baik, namun kenyataannya salah. Kenapa demikian? Kita tahu, kandungan air didalam sayuran yang masih segar sangat banyak, hal ini bisa membuat kelinci mencret dan mati. Cara yang benar yang harus kalian lakukan adalah setelah membeli sayuran apapun itu di pagi hari, lalu sayuran tadi di jemur diatas genting (atau diatas seng/besi biar cepat layu) sampai layu sedikit berwarna kekuningan, waktu sore hari barulah kalian kasih karena kadar airnya pasti sudah menurun. Ingat, beri makan kelinci dari sore mulai jam 6 sampai malam biar mirip lingkungan asli mereka jadi pagi sampai siang lepaskan mereka sore sampai malam biarkan mereka makan didalam kandang. Cara ini juga agar kamu mudah membersihkan kandang dan kotorannya.

Selain sayuran ada juga pakan kelinci yang lain misalkan anda tidak punya waktu untuk menjemur sayur, anda bisa beli pelet ikan paling banter 10ribu itu juga dah banyak loh ada pula pelet khusus kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop tapi harganya mahal sekitar 30ribu.


  • Kandang Kelinci
Tidak hanya pada hamster, kelinci pun juga membutuhkan kandang yang bersih dan cukup udara. Anda perlu menyiapkan sebuah kandang dengan ukuran besar agar kelinci bisa bermain dan berlarian di dalam kandangnya. Ini untuk menjaga agar kelinci tidak stress yang bisa mengakibatkan berbagai gangguan pada kesehatannya. Dalam kandang tersebut, siapkan tempat untuk kelinci beristirahat, tempat sampah dan juga botol berisi air bersih. Untuk memastikan kebersihan kandang, bersihkan kandang kelinci minimal seminggu sekali.


  • Air
Semua mahluk hidup pasti membutuhkan air, tidak sekedar air, tapi air yang benar-benar terjaga kebersihannya. Taruh mangkuk atau botol berisi air bersih dalam kandangnya, ini untuk menghindarkan kelinci dari bahaya dehidrasi yang bisa mengancam keselamatannya. Ganti air tersebut seminggu dua kali.


  • Selalu Cek Kesehatan
Lakukan pengecekan kesehatan terhadap kelinci secara berkala. Segera hubungi dokter hewan jika menemukan kelinci anda sakit. Jika perlu lakukan pertolongan pertama agar keadaannya tidak terlalu parah. Upaya pencegahan jauh lebih baik dari pada pengobatan.



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar