Rabu, 15 Mei 2013

5 Tempat Ibadah Paling Menakjubkan

Kita sebagai umat manusia yang memiliki agama, pasti juga memiliki tempat ibadah untuk menjalankan ritual kepercayaan kita masing-masing. 5 tempat ibadah kali ini yang saya tampilkan adalah yang mungkin bisa disebut dengan Tempat Ibadah Paling Menakjubkan di Dunia, karena bentuk dari bangunannya yang unik dan megah.


1. St Basil's Cathedral pada Red Square

St Basil's Cathedral pada Red Square adalah tempat wisata paling terkenal di Moskow, digagas oleh Ivan the Terrible dan dibangun di tepi Lapangan Merah antara 1555 dan 1561. Legenda mengatakan bahwa pada saat penyelesaian gereja tersebut. kaisar memerintahkan arsitek, Postnik Yakovlev, untuk membuta-kan matanya, agar mencegah dia menciptakan kuil lagi yang dapat menyaingi keindahannya gereja tersebut. (setelah membutakan matanya,Ia langsung pergi untuk membangun gereja ditempat lain,yaitu di Vladimir meskipun tanpa menggunakan matanya) St Basil's katedral ini dibangun untuk memperingati keberhasilan kampanye militer Ivan the Terrible melawan Mongol Tartar pada 1552 di kota yang terkepung dari Kazan.


2. Masjidil Haram, Arab Saudi

Sebagai kota suci bagi umat Islam, Mekkah memiliki masjid terbesar dan termegah di dunia. Masjidil haram adalah masjid yang dibangun mengelilingi Ka'bah, kiblat umat Islam dalam mengerjakan ibadah salat. Masjid seluas 400.000 meter persegi ini selalu dipenuhi jama'ah haji pada bulan haji.

Masjid yang memiliki 4 lantai ini memiliki arsitektur yang sangat indah. Lantainya terbuat dari marmer berwarna lembut, atap dan pilarnya dihias ornamen cantik dan bercita rasa seni tinggi. Di setiap lantainya, disediakan air zam-zam, rak Al-Qur'an dan tempat sampah berwarna putih. Masjid ini mampu menampung 800.000 orang di dalam masjid dan 1.120.000 orang di bagian luar masjid.


3. Shwedagon Pagoda, Myanmar

Ini adalah kuil Buddha paling impresif sekaligus suci bagi warga Myanmar. Kuil berusia 2.500 tahun ini dilapisi ribuan batang emas dan berlian yang menawan, sekaligus menyimpan delapan helai rambut Buddha yang sakral. Kuil yang menempati area seluas 114 hektar di Singuttara Hill, Kota Yangon, pagoda ini menjadi tempat beribadah paling suci bagi masyarakat Myanmar yang mayoritas menganut agama Buddha.

Shwedagon Pagoda merupakan gabungan dari kuil, stupa, dan patung yang merefleksikan seni arsitektur lebih dari 2.500 tahun silam. Stupa bagian bawah terbuat dari 8.688 batang emas, ditambah 13.153 batang lagi di stupa bagian atasnya. Pada puncak pagoda ini terdapat 5.448 buah batu berlian, 2.317 batu ruby, 1.065 lonceng emas, serta satu buah berlian 76 karat yang menjadi titik tertinggi Shwedagon Pagoda.


4. Kwan Sing Bio Klenteng

Klenteng Kwan Sing Bio atau yang lebih dikenal dengan istilah kuil kepiting. Selain berhawa sejuk, keindahan arsitekturnya yang bergaya Tionghoa ini terlihat begitu megah dan seakan-akan mampu membawa imaji khayalan kita. Kwan Sing Bio, sebuah kelenteng yang megah di Tuban. Kelenteng ini sangat ramai dikunjungi oleh etnis Tionghoa karena kekeramatannya. Kelenteng ini diklaim sebagai satu-satunya kelenteng di Indonesia yang menghadap laut bebas.


5. Masjid Faisal

Masjid Faisal di Islamabad merupakan masjid terbesar di Pakistan dan Asia Selatan serta salah satu mesjid yang terbesar di dunia. Ini adalah masjid terbesar di dunia 1986-1993 ketika dikalahkan dalam ukuran oleh penyelesaian Masjid Hassan II di Casablanca, Morocco.

Subsequent perluasan dari Masjid Al-Haram (Masjid Agung) dari Mekah dan Al-Masjid al-Nabawi (Masjid Nabi) di Madinah, Arab Saudi selama tahun 1990-an diserahkan Faisal Masjid untuk tempat keempat dalam hal size.Faisal Masjid dikenal juga sebagai Masjid Nasional Pakistan. masjid Ini memiliki luas tertutup 5.000 m2 (54.000 kaki persegi) dan memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 300.000 jamaah (100.000 dalam doa halaman utama aula, dan portico dan 200.000 lainnya di lahan sebelah nya).


(Referensi : ogut267)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar